Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank *===* ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! *===* Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! *===* Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! *===*

News 080317

Selasa, 7 Maret 2017, 12:35

Aplikasi Quran Kemenag kini bisa Dinikmati Pengguna IOS


Jakarta (Kemenag) --- Setelah sebelumnya merilis aplikasi Quran Kemenag bagi pengguna Android dan website, Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang Kemenag merilis aplikasi yang sama bagi pengguna gadget berbasis IOS. Rilis ini diharapkan akan memperluas varian akses masyarakat saat akan membaca Al-Qur'an melalui smartphone atau layar monitor.
Pgs. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Muchlis M. Hanafi mengatakan Al-Qur'an digital untuk pengguna IOS ini sudah bisa diunduh di AppStore. User interface maupun user experience pada aplikasi ini disesuaikan dengan standar aplikasi pada IOS. (selengkapnya sila klik: aplikasi quran kemenag)

Muchlis menjelaskan, pada aplikasi ini terdapat beberapa fasilitas di antaranya : teks Al-Qur'an, terjemah, tafsir, suara murottal, penanda baca terakhir, share teks Al-Qur'an, terjemah dan tafsir. Pada aplikasi ini, murattal Al-Quran adalah Syekh Mahmud Khalil al-Hushary. Tulisan yang digunakan bersumber dari Mushaf Attin yang sudah disesuaikan dengan Mushaf Al-Quran Standar Indonesia.
"Mushaf Al-Quran Standar Indonesia adalah Mushaf Al-Quran yang dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca, dan tanda waqafnya sesuai dengan hasil yang dicapai Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Quran yang berlangsung sebanyak 9 kali dari tahun 1974-1983, dan dijadikan pedoman bagi mushaf Al-Qur'an yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama," jelas Muchlis, Selasa (07/03).
Interpreter pertemuan Presiden Joko Widodo dan Raja Salman ini menyadari masih banyak kekurangan dalam aplikasi berbasis IOS ini. Namun, sesuai pengalaman pada aplikasi versi Android, LPMQ tetap membuka diri untuk menampung masukan.
"Setiap orang memiliki kebiasaan dan kenyamanan berbeda dalam menggunakan aplikasi. Tapi kami tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk menyesuaikan dengan masukan dari masyarakat," ujarnya.
"Pengembangan Quran Kemenag ini menjadi komitmen LPMQ sebagai upaya memberikan akses dan pemahaman terhadap Kitab Suci ini," tandasnya. (zarkasi/mkd/mkd)